10 Hal Yang Mungkin Jadi Penyebab Seseorang Mengalami Kesialan

Sebagian dari elo2 mungkin ada yang sering ngerasa jadi orang yang selalu sial, atau istilah lebih alusnya kurang beruntung, didalam kehidupan yang sedang elo jalani sekarang, Terkadang elo akan dengan gampangnya menyalahkan seseorang yang akan elo anggap sebagai biang keladi atau pembawa sial, karna dengan ini elo berharap bisa menutupi kesalahan-kesalahan untuk meringankan beban masalah yang sedang elo hadapi. 

Tapi gimana kalo hal itu terus berulang terjadi dan selalu menimpa elo? apakah elo akan terus-terusan nyalahin orang lain? dan merasa bahwa ini terjadi hanya kebetulan yang terus menerus juga? tentu enggak bisa gitu lah man. Bisa jadi sebagian besar masalah yang datang itu sebenernya malah bersumber diri elo sendiri yang jadi penyebabnya. Miris kan jadinya.

Nah kali ini gue udah tulis 10 hal yang mungkin jadi penyebab masalah yang bisa timbul dan kemungkinan bersumber dari diri elo sendiri, Coba lo cermati lagi jika ternyata elo udah sering ngelakuin kesalahan-kesalahan ini, maka sebaiknya mindset dan keyakinan elo musti perlu diubah lagi.

1. Ga Punya Selera Humor

Jika elo termasuk seorang yang selalu nanggepin segala hal sesuatu dengan amat serius, maka otomatis elo udah masuk ke dalam daftar kategori pertama ini. Lo harus tau bahwa ternyata Tertawa itu adalah obat paling ampuh dan mujarab dalam segala hal. Jikalaupun elo gak bisa nemuin sudut pandang dari kelucuan atau jadi bahan lelucon dalam permasalahan yang sedang elo hadapi, Bukan berarti elo malah harus ngeluh panjang lebar tentang masalah tersebut, Malah bisa jadi sebenernya masalah ini gak separah seperti yang elo bayangin. So jangan sampe kehilangan sisi humor dari diri elo Ok.

2. Nyalahin Orang Lain

Sebenernya bukannya gak guna juga untuk nyalahin orang lain, tapi jika itu lo lakuin terus-menerus ya tentu aja enggak baik, karna saat elo punya kebiasaan berprilaku kayak gitu yang ada akan merugikan diri elo sendiri buat kedepannya. Elo harus bener-bener coba berhenti untuk terus menyesali atau stop karna gada waktu untuk mengeluh. Jika usaha yang lo lakuin ini gada yang berhasil seperti yang elo arepin, Maka lo harus mulai nyoba untuk berani jadi orang yang bener-bener beda dari diri elo yang asli. Sesekali lo harus nyoba jadi orang yang berbeda agar sisi lain dari diri lo yang bagus bisa dieksplor. Satu hal yang pasti harus lo inget adalah mulailah berhenti mengeluh dan berdamailah dengan segala keadaan yang sedang lo hadapi dengan ikhlas.

3. Rendah Diri

Mungkin lo pernah ngalamin ketika lo sedang ngaca didepan cermin, elo ngerasa jadi keliatan macem orang yang gak punya semangat dan tanpa kepercayaan diri sama sekali, bahkan kebahagiaan sepertinya gak akan pernah datang menghampiri dalam hidup lo. Hal yang kayak gini tuh sering terjadi karna elo terlalu membandingkan standart kehidupan orang lain yang lebih tinggi dibandingkan dengan diri lo sendiri, Padahal kan ini hidup-hidup elo, yang ngejalanin juga elo sendiri, bukan orang lain. Jadi gausah sibuk merhatiin dan ngebandingin Standart Hidup orang lain. Karna sebenernya lo bisa nemuin sesuatu dari dalam diri elo sendiri yang bisa bikin elo bahagia, Bahkan dari sebuah kelemahan pasti ada manfaat yang tersimpan dari pemberian Tuhan, tinggal elo musti pinter-pinter nyari dan segera memoles kelemahan tersebut jadi kelebihan yang sangat berharga. Berpikirlah bahwa gak ada seorangpun didunia ini yang bisa menghentikan elo untuk jadi bahagia.

4. Mentok dan Gak Punya Harapan

Gada seorangpun yang bisa buat lo merasa lebih baik kecuali diri elo sendiri. Lo gak akan bisa mengharapkan dunia berubah duluan sebelum lo merubah diri lo sendiri. Karna seperti yang tertulis dalam Alqur'an, QS 13:11, "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka". Jadi gada alasan buat elo untuk berdiam diri tanpa harapan, bermimpilah dan terus berusaha untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Karna yang namanya hasil dari kerja keras itu gak akan pernah menipu lo bro.

5. Bertindak Melebihi Kemampuan Diri

Gak bisa di pungkiri bahwa tindakan yang kayak gini tuh terkadang otomatis akan membuat lo jadi sangat tumpul dan gak berguna, alias gak becus. Yaiyalah alih-alih elo pengen sesegera mungkin punya pengalaman lebih dari suatu tindakan atau pekerjaan yang sedang lo jalani atau  berharap keluar dari zona nyaman, tapi yang ada malah tindakan yang lo lakuin terkesan blunder, karna lo bener-bener belum menguasai betul dan gak punya kemampuan dalam bidang tersebut, jelas yang kayak gini gak boleh terjadi sama lo. Kenali terlebih dulu kemampuan dan kemahiran lo dalam bidang yang akan elo tekunin dan terus tingkatin level lo secara bertahap dan utamakan menjaga kepercayaan yang diamanatkan ke elo dengan baik.

6. Khawatir Berlebihan 

Ketika rasa khawatir lo selalu berlebih, Maka semakin kuranglah keyakinan lo kalau segala sesuatunya akan berjalan dengan baik dan lancar. Gimana lo ngarepin dapet tempat dalam kehidupan ini jika lo sendiri gapernah punya keyakinan dan kurang percaya diri, Karna lo biarin diri elo selalu diliputi dengan keresahan dan kekhawatiran. Lo musti belajar mengikhlaskan segala sesuatunya agar semua berjalan dengan apa adanya dan biarkan mengalir seperti air. Maka semua kekhawatiran akan terbayar lunas.

7. Iri Dengan Keberuntungan Orang Lain 

Seringkali ketika lo dapet berita atau denger orang lain lagi dapet keberuntungan, lo malah jadi ngerasa kesel dan jengkel, bahkan sampai menggerutu sendiri dalam hati, kenapa hal yang sama gak bisa terjadi juga sama diri elo, padahal elo ngerasa hidup orang lain tersebut gak pernah lebih baik juga dari elo, tapi selalu dia yang dapet keberuntungan. Kenapa dan Kenapa, pertanyaan itu selalu berputar setiap saat dalam diri elo hingga akhirnya lo mulai menyalahkan keadaan dan orang lain. Sebenernya hal yang kayak gini nih yang sebaiknya mulai skarang lo harus hilangin dari sifat lo jauh-jauh. Karna apa salahnya ikut larut dan bergembira dengan keberuntungan yang di dapat orang lain, Bukan tidak mungkin atau bisa saja keberuntungan yang sama akan bisa menular sama elo. ya nggak? coba aja.

8. Nyalahin Tuhan

Terkadang lo berpikir dan selalu ngerasa kenapa Tuhan gapernah adil sama lo, Kenapa cobaan dan kesialan selalu datang menghampiri di kehidupan elo, kenapa Hidup orang lain lebih mudah daripada hidup yang lo jalani. Mungkin sebaiknya mulai sekarang lo musti banyakin belajar bersyukur dan bukan tidak mungkin maka hal-hal baik akan datang untuk menggantikan hal-hal buruk. Contoh kecil yang lo bisa mulai adalah dengan bersyukur saat bangun dalam keadaan sehat wal afiat di pagi hari, karna telah di berikan kesempatan untuk hidup lebih lama. Jika ini lo lakuin secara rutin kedamaian dan keberadaan Tuhan akan sangat dekat dengan yang lo rasakan.

9. Gak Menghargai Apa Yang Udah Elo Miliki

Contohnya aja, Lo pasti gak pernah mensyukuri kalo elo masih bisa bangun dipagi ini atau punya kesempatan membuka mata buat ngeliat sinar matahari yang bersinar dengan indah dan hangatnya. Mulai sekarang lo bisa ngitung sendiri sebenernya banyak sekali kebaikan yang lo miliki dalam hidup ini, dibandingkan dengan orang lain yang belum tentu bisa seberuntung elo, baik itu dari hal-hal kecil yang lo miliki sampai hal-hal besar yang selama ini terlupakan dan terabaikan oleh diri lo sendiri. Instrospeksi diri memang sangat penting karna dengan ini akan membuat kehidupan elo jadi gak pernah merasa kekurangan dan memahami apa-apa yang menjadi kelebihan.

10. Ngeluh Terus-terusan

Sebenernya, Jika lo mengeluhkan satu hal terus menerus dan berlarut-larut malah ini akan menjadi salah satu pemicu lebih banyak hal lain yang lo keluhin jadi bermunculan. Karna kebanyakan setiap permasalahan yang datang selalu terjadi akibat rentetan dari beberapa faktor yang jadi penyebabnya dan pasti akan sangat membuat lo stress. Satu hal yang pasti semua orang yang ada disekitar lo akan merasa terganggu dengan orang yang suka mengeluh. Dan ini juga akan menjadi masalah baru yang musti elo pikirkan lagi. Jadi perasaan ngeluh terus-terusan ibarat elo berdiri di atas rawa lumpur penghisap, karna semakin elo bergerak akan semakin cepat lo terhisap masuk, begitu juga dengan mengeluh terus-terusan akan membuat elo makin bertumpuk masalah yang nantinya menjadi hal yang elo keluhkan lagi seterusnya.


* * *

Fiuuhh....udah 10 hal yang mungkin jadi penyebab seseorang mengalami kesialan gue share ke elo semua, kira-kira mana aja yang sering lo lakuin? meskipun lo semua pernah ngalamin salah satu hal di atas, semoga mulai sekarang kedepannya lo jadi bisa ngerubah pemikiran, dan bisa ngelihat dari sudut pandang suatu masalah menjadi sangat bijak dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan baik.


sekkian 
Wassalam

0 Response to "10 Hal Yang Mungkin Jadi Penyebab Seseorang Mengalami Kesialan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel